Jens Stoltenberg Sebut Ukraina Tak Mencetak Kemajuan Apapun

Sekjen NATO Jens Stoltenberg menilai militer Ukraina gagal mencapai terobosan apapun dalam beberapa bulan terakhir. Namun negara-negara harus tetap Slot777 Online mendukung bagaimana pun kondisinya itu. Stoltenberg juga menyelesalkan kegagalan industri pertahanan NATO dalam memberikan Kyev amunisi yang dibutuhkan.

Sebelumnya pada awal pekan ini, Stoltenberg memperingatkan kalau menjelang musim dingin Moskow telah mengumpulkan rudal dan mencatat kalau manufaktur – manufaktur senjata di Rusia sudah beroperasi dengan landasan perang. Dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV asal Jerman, Das Erste TV yang disiarkan pada Sabtu, 2 Desember 2023, Stoltenberg menyadari kalau kondisi di garda depan Ukraina akhir-akhir ini sebagian besar tidak berubah, bahkan peprangan yang lebih sulit sedang direncanakan.

“Kita harus bersiap dengan berita buruk. Peperangan terjadi secara bertahap, namun kita harus bersama Ukraina dalam kondisi baik dan buruk. Meningkatkan kapasitas juga sangat penting saat ini,” kata Stoltenberg.

Ketika ditanya apa yang seharusnya dilakukan Kyev saat negara-negara pendukung Ukraina meningkatkan produksi kapasitas senjata, Stoltenberg menjawab pihaknya menyerahkan keputusan operasional yang sulit ini pada kepemimpinan Ukraina dan para komandan militernya.

 

“Saya rasa salah satu permasalahan yang harus kita atasi adalah fragmentasi industri pertahanan Eropa. Kita tidak mampu bekerja sama sedekat yang seharusnya,” kata Stoltenberg.

Dia pun menyerukan pada seluruh negara anggota NATO agar mempersempit kepentingan, meningatkan suplali dan bukannya menikmati kenaikan harga-harga. Dia memperingatkan Rusia telah menimbun persediaan rudal dalam jumlah besar menjelang musim dingin dan pihaknya curiga ada sejumlah upaya baru untuk menyerang infrastruktur listrik dan energy Ukraina.

“Kita tidak boleh meremehkan Rusia. Moskow telah menempatkan industri pertahanannya pada landasan perang sehingga sulit membuat kita mencapai teritorial yang kita harapkan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *