Makanan Khas Bangka Belitung yang Harus Dicicipi

Makanan khas Bangka Belitung yaitu makanan yang banyak diolah menggunakan hasil laut. Sebab kecuali daratan, kawasan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dikelilingi oleh laut. Malah, makanan khas Bangka Belitung diolah dengan bumbu rempah dan teknik pengolahan yang pantas sehingga hasil olahan masakan tak anyir. Rasanya pun enak dan unik dengan cita rasa tersendiri.

Berikut ini Makanan Khas Bangka Belitung :

  1. Rusip

Rusip yaitu salah satu makanan tradisional Bangka Belitung. Kuliner ini terbuat dari ikan yang telah difermentasikan slot mahjong dan diaplikasikan sebagai saos pedas untuk lalapan daun singkong, mentimun, dan sebagainya.

  1. Siput Gonggong

Siput gonggong yaitu biota laut yang termasuk ke dalam jenis kerang-kerangan. Daging siput gonggong memiliki rasa yang lezat dan memiliki kandungan protein yang tinggi.

Kelezatan siput gonggong betul-betul populer pun menumbangkan kepopuleran hidang keong dari Perancis yang bernama escargot.

  1. Mie Koba

Mie Koba yaitu makanan tradisional berkuah kaldu ikan tenggiri kental. Racikan makanan ini berupa mie, potongan daun seledri, dan tauge. Kuliner ini menggunakan mie yang terbuat dari daging ikan tenggiri sehingga terasa gurih.

  1. Berego

Berego yaitu hidangan mirip lontong yang terbuat dari tepung beras di campur sagu. Persamaannya yaitu wujudnya bulat dan warnanya putih.

  1. Sup Gangan

Sup gangan yaitu sebutan untuk sup ikan khas Belitung yang mirip pindang kuning. Bedanya masakan ini memiliki sensasi rasa gurih asam dan sedikit pedas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *