Resep Pindang Bandeng Khas Betawi, Kuah Asam Manis Menggugah Selera

Pindang bandeng yakni salah satu hidangan khas Betawi yang mempunyai rasa manis gurih yang khas. Resep pindang bandeng terkenal nikmat untuk dinikmati sebagai lauk pendamping nasi uduk atau lontong sayur, menjadikannya pilihan unggulan dalam beraneka acara dan keseharian masyarakat Betawi.

Salah satu ciri khas dari resep pindang bandeng Betawi yakni pemakaian kecap yang pekat. Bumbu ini memberikan rasa manis gurih yang unik dan berbeda dari pindang pada umumnya. Kecap yang digunakan berfungsi tak cuma sebagai pemberi rasa namun juga sebagai pewarna yang memberikan tampilan menarik pada hidangan ini.

Ikan bandeng yang digunakan untuk membuat pindang bandeng bisa berasal dari tambak atau laut. Keduanya judi bola resmi akan mewujudkan rasa yang sama enaknya, asalkan ikan tersebut dibeli dalam keadaan segar. Pemilihan ikan yang segar betul-betul penting untuk mewujudkan pindang bandeng yang lezat dan berkwalitas. Berikut resep pindang bandeng yang rangkum dari beraneka sumber, Jumat (17/5/2024).

Bahan Resep Pindang Bandeng Betawi

1 ekor (700 g) ikan bandeng segar
1 buah jeruk nipis
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kunyit, iris-iris
2 cm jahe, iris-iris
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprek
1 sdt merica bubuk
2 sdt garam
150 ml kecap manis
3 buah cabai merah besar, belah membujur
10 buah cabai rawit merah
1 buah tomat merah, potong-potong
2 sdm air asam Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *