Jokowi Bertolak Ke Kalimantan Timur Akan Mensahkan Sejumlah Infrastruktur di IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Kalimantan Timur, pada Senin (3/6/2024). Salah satu agenda Jokowi kali ini yaitu kembali menyambangi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden Jokowi tiba Airport Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan sekitar pukul 17.45 WITA. Dia disambut Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi slot depo 5k Utomo, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Nanang Avianto, Pangkoarmada II Laksda Ariyanto, serta Danlanud Dhomber Kolonel Pnb. David Ali Hamzah.

Selain berkunjung ke IKN, di Provinsi Kaltim, Jokowi akan melaksanakan sejumlah agenda kerja pada Selasa 4 Juni hingga Rabu 5 Juni 2024. Rencana hal yang demikian antara lain menghadiri pengesahan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Segala Indonesia (Apeksi) XVII Tahun 2024.

“Khusus di IKN, agenda kepala negara yaitu meresmikan sejumlah pembangunan infrastruktur,” demikian siaran pers yang diterima.

Serta mengantar Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, serta Wishnutama Kusubandio.

Selain itu, hadir pula mengantar yaitu Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Plt Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana.

Presiden Jokowi lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan mengaplikasikan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 14.40 WIB.

Melepas keberangkatan Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta yaitu Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto, Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, serta Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Destianto Nugroho Utomo.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakilnya Donny Rahajoe Mundur

Bambang Susantono dan Donny Rahajoe mundur dari jabatan sebagai Kepala dan wakil Otorita IKN. Menurut Istana, Presiden Jokowi sudah merestui keinginan keduanya mundur dengan menerbitkan surat keputusan presiden.

“Hari ini sudah terbit surat pemberhentian dengan hormat untuk Pak Bambang dan Pak Donny selaku ketua dan wakil otorita IKN disertai ucapan terima kasih dari Pak Presiden,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kantor Presiden Jakarta, Senin (3/6/2024).

Pratikno menampik sekiranya perbuatan keduanya yaitu mendadak. Menurut dia, pembicaraan keduanya untuk mundur dari jabatan hal yang demikian bukan hal baru.

“Oh itu sudah lama pembicaraan (keinginan untuk mundur), tetapi surat (resmi mundur) memang baru (disetujui Jokowi),” jelas Pratikno.

Melainkan soal alasan mundur Bambang dan Donny, Pratikno mengaku tak tahu. Dia mengaku, alasan mereka tak dikenalkan.

“(Alasan mundur) tak dikenalkan,” singkat Pratikno ketika ditanya awak media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *